5 Alasan Kenapa Anda Harus Belajar Digital Marketing

Dewasa ini, istilah digital marketing cukup sering menjadi perbincangan, tidak hanya oleh marketers, tapi orang awam mulai tertarik dengan pembahasan ini. Bagi mereka yang menggeluti bidang marketing, bisnis, dan pemasaran pasti sudah tidak asing dengan istilah Digital marketing, topik ini bukan lagi isu baru untuk dibahas, namun cukup menarik untuk dijadikan bahan diskusi dan pembelajaran.

Di era semakin canggihnya gadget dan teknologi lainnya, dapat kita setujui bersama bahwa orang-orang saat ini lebih banyak menghabiskan waktu menggunakan ponsel pintar dan laptopnya. Mulai dari sekedar mempertanyakan hal sederhana di mesin pencari, mencari resep makanan, belajar parenting, hingga belajar merangkai lemari. Dengan mulai beralihnya orang-orang menggunakan teknologi bernama internet dan gadget ini, semakin meningkat pula jumlah pengguna internet yang ada di dunia, khususnya di Indonesia.

Be There, Where Your Customers Are

Istilah ini memiliki makna bahwa sebagai pebisnis atau marketers, anda harus memahami dengan adanya peningkatan aktivitas orang orang menggunakan internet, sosial media dalam 24/7 ini menjadi salah satu peluang yang harus dimanfaatkan.

Sebelum kita membahas alasan kenapa anda harus memulai, baiknya terlebih dahulu kita mengenal definisi dari digital marketing berikut ini.

  • Definisi Digital Marketing

Digital marketing atau dalam Bahasa Indonesia dapat diterjemahkan menjadi Pemasaran secara digital adalah semua upaya pemasaran menggunakan teknologi memanfaatkan internet dan juga media digital.

Beberapa contoh Teknik pemasaran yang termasuk dalam Digital Marketing:

  • SEO (Search Engine Optimization)
  • Iklan televisi, youtube
  • Video tron (billboard elektronik)
  • Email marketing
  • Mobile marketing
  • Telemarketing
  • Dan lain-lain

Berikut ini rangkuman 5 alasan mengapa anda harus belajar digital marketing.

1. Belajar Digital Marketing ITU MUDAH

Untuk mendapatkan materi tentang digital marketing anda tidak harus menempuh pendidikan formal, terlebih dahulu karena saat ini banyak sekali orang yang telah membagikan baik itu materi, pengalaman, tips dan trik seputar dunia digital marketing. Baik secara gratis dalam bentuk video di platform Youtube untuk pemula, sampai berupa seminar, workshop, training berbayar untuk kalian yang akan mulai serius menekuni lebih dalam lagi tentang digital marketing ini.

Setelah anda mempelajari dan memahami konsep digital marketing, anda dapat memulai campaign bisnis anda kapan saja dan dimana saja dalam beberapa jam kedepan selama anda memiliki akses dan sebuah website untuk bisnis anda.

2. Membantu Membangun Kepercayaan Publik terhadap bisnis anda

Digital marketing yang diterapkan pada bisnis anda merupakan perwujudan nyata dari perkembangan modernitas. Walau tidak bertatap muka, namun anda masih dapat melakukan interaksi dengan konsumen anda melalui live chat, hal ini memudahkan pula dalam mengukur buyer experience terhadap produk/bisnis yang anda jalankan. Variabel kepercayaan publik juga merupakan salah satu strategi digital marketing untuk bisnis. Dalam dunia marketing, kepercayaan adalah hal yang sangat penting. Dengan membangun kepercayaan publik, didukung dengan produk yang dipasarkan berkualitas, dan branding yang apik pula, maka rangkaian strategi digital marketing anda akan berjalan dengan mulus.

3. Digital Marketing Untuk Masa Depan.

Tidak dapat dipungkiri, ketika membahas sesuatu seputar digital maka erat kaitannya dengan teknologi. Digital marketing dapat berkembang dengan pesat juga dipicu perkembangan teknologi yang semakin berkembang. Sangat memungkinkan sekali di masa depan, konsep digital marketing akan terus berkembang dan semakin memudahkan pebisnis.

Kemajuan teknologi saat ini “memaksa” para pebisnis yang terbiasa menggunakan metode marketing tradisional, kemudian sedikit demi sedikit beralih menggunakan strategi digital marketing.

4. Metode Paling Efektif

Saat ini digital marketing dirasa menjadi metode yang paling efektif untuk dilakukan para pebisnis. Dari segi biaya, metode ini lebih menghemat biaya. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk mencetak dan mengirimkan surat penawaran, dengan menggunakan email anda dapat mengirimkan 1.000 email dalam waktu yang sangat singkat dengan nyaris tanpa biaya.

Tradisional marketing dapat diibaratkan bom waktu, harapannya dalam sekali tembak banyak yang kena, sedangkan digital marketing ibarat senapan sniper, anda dapat membidik dengan memilih target spesifik berdasarkan profile umur, gender, lokasi, waktu, kebiasaan browsing, ketertarikan, dan lain-lainnya.

Dalam segi pengukuran, digital marketing dapat mengukur hasil campaign yang dilakukan. Untuk melakukan pengukuran ini dapat menggunakan Google Analytics atau tools lainnya. Seberapa banyak iklan anda menjangkau orang, berapa kali iklan anda di klik, dan informasi lainnya dapat anda catat sebagai pengukuran efektifitas iklan anda.

5. Tetap Dapat Bersaing dengan Kompetitor

Persaingan bisnis yang semakin ketat, membuat anda tidak bisa tertinggal dari competitor anda. Para pebisns tentu saja berlomba-lomba untuk berada selangkah lebih maju dibanding kompetitornya untuk memenangkan persaingan ini. Dengan metode digital marketing ini, sangat membantu untuk membentuk personal branding dan identitas bisnis anda di internet.

Bagaimana? Silakan dipertimbangkan apakah tertarik untuk mulai menerapkan strategi digital marketing ini?

Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan tinggalkan komentar untuk diskusi, atau subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *